Kamis, 11 Agustus 2011

Komponen Komponen dalam Laptop

Teknologi yang semakin maju dan kesibukan yang makin beragam, memuat orang bergantung pada segala sesuatu yang memudahkan pekerjaan mereka.Laptop merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu seseorang dalam pekerjaan, seperti membuat laporan, gambar, bahkan film.Laptop menjadi suatu kebutuhan bagi manusia sekarang ini seiring kemajuan dari teknologi itu sendiri.Dengan laptop seseorang dapat mengakses data dimanapun dan kapanpun.Laptop merupakan versi mobile dari sebuah komputer, dimana komponen yang ada dalam laptop sama halnya komponen yang ada di dalam komputer. Dengan melihat komponen-komponen yang ada pada laptop, pengguna laptop dapat memastikan laptop mana yang dapat memberikan kemampuan yang maksimal dan fitur yang memuaskan, selain laptop yang dapat bertahan lama.Dengan mengetahui komponen yang ada pada laptop, pengguna juga dapat mengetahui bagian mana saja dalam komponen laptop yang paling sensitif, sehingga kerusakan dapat diminimalisir dan dapatmemberikankenyamanan dan keamanan dalam penggunaannya.

Komponen-komponen laptop tersebut diantaranya, Motherboard atau Mainboard, Layar atau LCD Screen, Web Cam, Harddisk, Processor, Mouse, Memory atau RAM, Keyboard, Charger/Adaptor, Baterai, Wireless Network Card (Wifi), Cooling Fan, Video Card, dan CD/DVD Optical Drive.

A. MainboardMainboard merupakan komponen laptop yang berfungsi sebagai penghubung komponen internal laptop atau tempat untuk meletakkan komponen-komponen penting, seperti Processor, kabel-kabel data, memori, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis mainbord diantaranya AT 486, Pentium I, Pentium II, Pentium III, dan Pentium 4. Komponen ini merupakan salah satu komponen yang termahal dalam laptop. Pada tabel berikut ini akan dijelaskan bagian-bagian dalam mainboard dan fungsinya :


Bagian MainboardFungsi
Socket/Slot ProcessorSebagai tempat untuk meletakkan processor, dimana terdapat lubang-lubang yang disesuaikan dengan kaki processor, sehingga dapat dengan mudah diletakkan
BIOS (Basic Input/Ouput System)Sebagai penghubung antara software dalam laptop dengan hardware dalam motherboad.
Slot EkspansiSebagai tempat untuk meletakkan komponen-komponen yang daat digunakan untuk menambah kinerja laptop, misal VGA card untuk menambah ketajaman tampilan.
Slot RAMSebagai tempat untuk meletakkan RAM dan slot Ram tergantung dari jenis RAM yang digunakan.
Baterai CMOSSebagai sumber daya alternatif ketika komputer belum terhubung ke sumber listrik.
KonektorSebagai penghubung antara motherboard dengan perangkat lain.
Socket atau slot processor memiliki lubang yang berbeda satu sama lain dan memiliki jenis yang beragam, seperti socket 775 dan socket 478 untuk processor kelauaran Intel, dan socket AM2 atau AM3 untuk processor keluaran AMD. Karena setiap processor memerlukan socket yang sesuai, maka dalam membeli motherboard harus disesuaikan dengan processor yang dimiliki.

B. Layar
Layar merupakan komponen laptop yang berfungsi untuk menampilkan data, gambar, atau pekerjaan yang sedang dilakukan dengan laptop dengan menggunakan teknologi LCD (Liquid Crystal Displays) . Komponen ini merupakan salah satu komponen yang termahal karena jika layar ini retak atau rusak, maka kita tidak bisa memperbaikinya, namun harus diganti dengan yang baru, dan itu sangat mahal.

LCD atau layar memiliki fungsi sama halnya dengan monitor pada komputer, namun lebih tipis (7 inchi hingga 20 inchi) dan memiliki performa yang lebih bagus. Ketebalan dari layar atau LCD laptop akan mempengaruhi berat dari laptop, semalin tebal LCD maka laptop makin berat. Pengguna laptop biasanya lebih memilih laptop dengan ukuran layar 14,1 inchi atau sedikit lebih besar karena nyaman dengan resolusi 1024x768.

Seiring dengan kemajuan teknologi, teknologi LCD mulai tergantikan dengan teknologi LED backlights. Laptop-laptop terbaru mulai mengadopsi teknologi ini karena memiliki berat yang lebih ringan, display yang lebih terang, lebih berkualitas, dan lebih hemat dalam penggunaan baterai. Namun, teknologi ini memiliki harga yang lebih mahal, dimana sesuai dengan kelebihan yang dimilikinya.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/blog/2163414-kompomem-komponen-hardware-laptop-notebook/#ixzz1UZCD1dUA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar