Rabu, 17 Agustus 2011

Microsoft NetMeeting


Selama ini orang-orang selalu menggunakan Yahoo! Messenger dan apapun itu untuk ber-chatting. Ternyata, ada juga cara chatting yang lebih menyenangkan: Net Meeting!
Ya, pada pertemuan kesekian minggu lalu diperkenalkan sebuah aplikasi yang sebenarnya sudah lama ada, yakni Net Meeting. Uniknya, net meeting tidak ada pada Widnows 7 maupun Vista, dll. Kebetulan saat itu menggunakan komputer dengan sistem Windows XP. Fasilitas ini tergolong jarang diketahui karena pengguna kebanyakan sudah kenal dengan yang lebih 'wah' dan terkenal.







Dalam sebuah grup diskusi, ternyata ditemukan fakta baru bahwa net Meeting juga ada di sistem lama lain:
"Netmeeting adalah salah satu aplikasi yang disertakan semenjak system operasi windows 98. Sehingga Netmeeting sudah ada semenjak tahun 1998. Aplikasi Netmeeting ini dipersiapkan untuk keperluan rapat yang pegunaannya tidak dalam satu lokasi yang sama. Netmeeting adalah jenis aplikasi yang menggunakan/berbasis VOIP (Voice Over Internet Protocol). Dengan Netmeeting kita juga dapat melakukan sharing program, chatting seperti yahoo messenger dan yang paling utama dapat berkomunikasi seperti telepon yang dilengkapi dengan fasilitas gambar"


  • Apa yang bisa dilakukan dengan Net  meeting?
Waktu itu kami bisa chatting, mengirim file di notepad kepada siswa seluruh kelas, mengubah IP (Internet Protocol), dan berlomba call ke host milik pengajar. sebenarnya fasilitas lain pun masih banyak...

  • Bagaimana caranya?
Ada sebuah blog yang menyediakan tahap-tahap mulai awal. Untuk petunjuk, klik start--Run--ketik CONF--OK--...
lanjutannya bisa klik di sini

  • Apakah ada fasilitas net meeting pada sistem operasi Windows lain?
waktu itu sempat ada perbincangan dalam bahasa inggris, kurang lebih artinya: tidak ada, dan digantikan dengan Microsoft Office Live Meeting untuk windows 7 (dijawab langsung di Microsoft Answers, klik di sini) dan begitu pula nasib dari windows vista. (untuk sejarah net meeting : klik)

nah, selamat mencoba! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar